đŸ’€Misteri Dan Mitos Air Terjun Roro Kuning Nganjuk

/ Friday, 31 March 2017 /
đŸ’€Misteri Dan Mitos Air Terjun Roro Kuning Nganjuk, Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Misteri Air Terjun Roro Kuning di kawasan wisata Kota Nganjuk memang menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang terutama bagi mereka yang suka dengan traveling.
Bagi anda terutama yang bingung mengisi liburan bersama dengan orang orang terdekat anda, mungkin tempat wisata ini patut untuk anda jadwalkan. Tempat Wisata Roro Kuning atau sering disebut dengan Air Terjun Roro Kuning ini memang salah satu tujuan wisata yang wajib anda datangi. Dengan pemandangan alam pegunungan yang indah serta gremicik suara air dari air terjun tersebut menambah keindahan tempat wisata ini.

Informasi : Air Terjun Roro Kuning merupakan tempat wisata air terjun yang berada di ketinggian 600m dpl dan memiliki ketinggian 10-15 m. Perlu anda semua ketahui bahwa air terjun tersebut berasal dari tiga sumber Gunung Wilis. Nah air tersebut mengalir dan merambat di sela sela bebatuan dan akar akar di bawah pohon pinus dan kemudian menjadi sebuah air terjun yang sangat indah membentuk trisula. Dan dari proses itulah masyarakat sekitar (BAJULAN) menyebutnya air terjun merambat.

Legenda : Tempat wisata ini memang penuh dengan Misteri dan mitos, Nama Roro Kuning ini berasal dari Ruting dan Roro Kuning putri rada dari Kediri dan Dhoho. Menurut sejarah kekuasaan raja Kediri di abad 11-12. Ruting mempunya nama asli yaitu Dewi Kilissuci dan Roro Kuning yang sebenarnya bernama Dewi Sekartaji adalah putri satu satunya dari Lembu Amiseno dari Kerajaan  Doho.

Ketika 2 putri raja itu sakit, di kerajaan tidak ada yang dapat menyembuhkan. Runting sakit kuning dan Roro Kuning sakit gondok dan kulit. Untuk mencari kesembuhan kedua putri raja mengembara masuk keluar hutan belantara, naik gunung turun gunung dan akhirnya singgah di lereng Gunung Wilis Desa Bajulan. Ketika sedang merenungi nasibnya sang putri bertemu dengan Resi Darmo dari Padepoan Ringin Putih desa Bajulan.

Di sinilah dua putri raja dirawat dan diberi obat ramuan tradisional oleh sang Resi yang sakti. Dengan ramuan dedaunan, sakit putri raja akhirnya bisa sembuh. Dalam proses penyembuhannya, putri Runting dan Kuning sering mandi di air terjun yang kemudian diabadikan oleh sang Resi menjadi nama air terjun.

Yang jelas tempoat wisata yang berada di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Propinsi Jawa Timur wajib untuk anda datangi. Akses jalan yang mudah dan tentunya disana terdapat fasilitas yang lengkap seperti Musula, Kolam Renang, Penangkaran Rusa, Arena Bermain, Toilet dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk itulah silahkan bagi anda yang bingung untuk menentukan liburan anda akhir pekan ini silahkan anda datang dan berkunjung di Tempat Wisata Air Terjun Roro Kuning dan tentunya anda akan disamput Patung besar seorang Putri Roro Kuning.


About

 
Copyright © 2010 Hanomman, All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger